Ads 468x60px

Sabtu, 30 Agustus 2014

KEGIATAN PEMBELAJARAN (SUDUT PUSAT, BUSUR, DAN JURING LINGKARAN)


Kompetensi Inti


KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Indikator (Spiritual):
1.1.1. Mengucapkan rasa syukur setelah berhasil mengerjakan sesuatu
1.1.2. Menambah rasa keimanan setelah mempelajari Iptek
2.1     Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
Indikator (Disiplin dan Tanggung Jawab) :
2.1.1   Masuk kelas tepat waktu
2.1.2   Mengerjakan tugas yang diberikan
2.1.3   Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
2.2     Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
Indikator (Gotongroyong dan Percaya Diri) :
2.2.1. Aktif dalam kegiatan pembelajaran
2.2.2. Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
2.2.3. Berani berpendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan
2.3     Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
Indikator (Jujur, Toleransi, dan Santun) :
2.3.1. Tidak melakukan plagiat dalam mengerjakan setiap tugas
2.3.2. Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
3.7     Menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
Indikator :
3.7.1. Memahami hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring.
4.6     Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
Indikator :
4.6.1   Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

Tujuan Pembelajaran

Adapun tujuan pembelajaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut. 
  • Siswa dapat menunjukkan sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. 
  • Siswa dapat memahami hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring. 
  • Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
Aktivitas Pembelajaran

Berikut ini mekanisme dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu:
  • Bacalah Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Tujuan Pembelajaran 
  • Pelajari materi pelajaran dan simaklah video pembelajaran secara online atau silahkan download modul dan video pembelajaran yang telah disediakan. 
  • Latihan Soal dapat didownload dan dikerjakan secara offline. 
  • Untuk Evaluasi, kerjakan Quiz Matematika secara Online. 
  • Kerjakan Tugas, kemudian kirim tugas ke alamat email: wayansubadre85@gmail.com
Materi Ajar
  1. Modul (Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran). KLIK DISINI
  2. Video Pembelajaran (Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran). KLIK DISINI
Latihan Soal
Untuk latihan soal, silahkan download pada link berikut.KLIK DISINI
Petunjuk :
  • File Latihan Soal dalam bentuk Ms.Powerpoint.
  • Aktifkan telebih dahulu Macro-Excel. (Caranya: Klik "Options", lalu pilih "Enable this content", kemudian klik "Ok". Untuk memulai latihan, tekan tombol F5 pada keyboard.
Evaluasi
Kerjakan soal secara online. Untuk mengerjakan KLIK DISINI
Tugas
Silahkan download pada link berikut ini. KLIK DISINI



**************Selamat mengikuti pelajaran**************


 

0 komentar:

Posting Komentar